Teknologi Digital Metaverse Wujud Dunia Virtual di Masa Depan

Canggih! Teknologi Digital Metaverse Wujud Dunia Virtual di Masa Depan

Pada akhir 2021 terdengar kabar bahwa akan hadir sebuah dunia virtual yang disebut Metaverse. Meskipun awalnya ada beberapa orang yang berpikir skeptis mengenai hal tersebut, tapi nyatanya semua itu telah dan akan diwujudkan satu per satu. Lantas, apa sebenarnya teknologi digital Metaverse?

Apa itu Teknologi Digital Metaverse?

Istilah Metaverse telah digunakan pertama kali dalam novel Snow Crash milik Neal Stephenson tahun 1992. Berdasarkan novel tersebut, kata Metaverse merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh orang sungguhan dalam bentuk avatar. Sementara itu Metaverse juga diidentifikasi sebagai sebuah dunia digital di mana para penggunanya saling berinteraksi secara real time menggunakan representasi grafis.

Metaverse direncanakan dapat menjadi lingkungan yang aman versi digital bagi para penggunanya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalam dunia digital tersebut, persis seperti dunia nyata. Kegiatan jual beli juga dapat dilakukan menggunakan alat pembayaran berupa mata uang blockchain dan kripto dalam bentuk NFT. Jadi, Anda bisa membeli apa saja termasuk tanah virtual Metaverse menggunakan mata uang yang sesuai.

Karakteristik Dunia Virtual Metaverse

Perbedaan dunia digital biasa dengan dunia digital Metaverse sangat jauh. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui karakteristik dunia versi Metaverse.

1. Tanpa Batas

Seperti yang diketahui bawah dunia Metaverse merupakan bentuk ruang digital 3D. Dunia seperti ini sengaja dirancang tanpa penghalang baik dari fisik maupun nonfisik. Dari sinilah dapat dikatakan bahwa dunia digital Metaverse merupakan ruang tanpa akhir dan tidak terbatas sehingga dapat digunakan oleh milyaran pengguna di seluruh dunia.

2. Bersifat Tetap

Metaverse yang telah dibangun tidak dapat direset atau reboot. Pengguna dapat masuk ke dalamnya kapan saja tanpa jadwal yang harus dipatuhi. Ruang ini akan terus berkembang seiring waktu berdasarkan besarnya kontribusi pengguna seperti pengalaman dan konten yang dirancang.

3. Terdesentralisasi

Dunia virtual yang disajikan oleh Metaverse tidak hanya dapat dimiliki oleh perusahaan maupun platform tunggal. Semua orang dapat memiliki aset di Metaverse dan menjadi kendali atas data pribadi. Teknologi blockchain sebagai bagian besar dari Metaverse memastikan bahwa setiap transaksi dalam dunia virtual bersifat publik sehingga mudah dilacak dan aman.

4. Imersi dan Interaktivitas

Imersi dan interaktivitas melibatkan seluruh indera manusia dengan kapasitas beradaptasi antar pengguna dari segi lingkungan, warna, objek, pencahayaan dan lainnya.

5. Ekonomi Virtual

Setiap ‘penduduk’ Metaverse dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi virtual terdesentralisasi didukung oleh mata uang kripto. Hal itu memungkinkan para pengguna untuk melakukan aktivitas menjual, membeli dan menukar item aset digital seperti NFT, tiket acara, avatar dan pakaian virtual.

6. Pengalaman Sosial

Meskipun hanya dunia maya, tapi jalinan hubungan sosial antar pengguna dijamin terjalin dengan baik. Setiap pengguna akan mengambil bagian dalam pengalaman bersama dan membantu menciptakan masa depan yang baik dunia virtual. Hal itu diwujudkan melalui konten yang dibuat oleh pengguna seperti kreasi virtual, kisah pribadi hingga interaksi avatar yang dilakukan oleh AI.

Cara Masuk dalam Dunia Virtual Metaverse

Apakah Anda berencana untuk ikut serta membeli tanah di Metaverse? Berikut cara masuk ke Metaverse, dunia versi digital.

  1. Pilih platform yang digunakan untuk masuk ke Metaverse.
  2. Pastikan perangkat lengkap seperti headphone atau headset dan kacamata VR atau AR.
  3. Register untuk masuk platform.
  4. Masuk ke platform Metaverse untuk melakukan berbagai aktivitas seperti di dunia nyata.

Kegiatan dalam Dunia Virtual Metaverse

Teknologi Digital Metaverse dirancang agar para pengguna dapat berhubungan satu sama lain layaknya dunia nyata. Lantas, apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di dunia virtual Metaverse?

1. Komunikasi dan Hiburan

Dunia Metaverse akan memiliki messenger VR sehingga penggunanya dapat saling berkomunikasi ketika sedang melakukan sesuatu. Misalnya memberitahu seseorang untuk segera turun ke lantai bawah untuk menyantap makan malam. Lalu messenger VR juga dapat dihubungkan dengan panggilan audio messenger sehingga para pengguna dapat menghubungi temannya dari platform Metaverse lainnya untuk berlibur bersama. Terdengar sangat nyata, bukan?

2. Berbelanja

Anda bisa melakukan aktivitas berbelanja seperti di dunia nyata menggunakan mata uang kripto seperti NFT. Jadi, pengguna dapat membuka platform untuk menyiapkan dompet kripto guna menampung mata uang digital tersebut, seperti MetaMask.

3. Games

Ada banyak game yang telah menerapkan Metaverse, salah satunya adalah Roblox. Selain itu ada pula game lainnya yakni Sandbox dengan penawaran pengalaman virtual yang lebih menyenangkan.

4. Olahraga

Tentu saja Anda bisa berolahraga di Metaverse. E-sport memang sedang populer di berbagai belahan dunia. Jika ingin olahraga bola pingpong, maka Anda hanya perlu pakai kacamata oculus atau kacamata VR.

5. Edukasi

Dunia Metaverse juga dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan edukasi. Kegiatan edukasi yang dilakukan adalah seperti pelatihan kedokteran dan lain sebagainya. Semuanya menggunakan alat dan media berbasis AR.

6. Bekerja

Bekerja dalam dunia digital Metaverse tentu saja bukan lagi hal baru, mengingat sejak pandemi berlangsung hampir 100% pekerja di dunia menjalani work from home atau kerja online. Namun pekerjaan di Metaverse tentu terasa lebih nyata karena akan diadakan rapat pertemuan virtual, lengkap dengan avatar yang dapat digerakkan.

Manfaat Teknologi Digital Metaverse

Kehadiran Metaverse dapat menjadi bukti bahwa teknologi semakin berkembang pesat, Anda bahkan bisa beli lahan di Metaverse. Manfaat yang diperoleh antara lain memberikan inovasi terbaru dalam menjalin komunikasi digital. Seperti yang diketahui bahwa komunikasi digital biasa hanya sebatas audio dan video, tapi di Metaverse dikembangkan menjadi lebih intens seperti sentuhan fisik dengan tampilan lebih kompleks.

Platform media sosial juga mengalami peningkatan dengan kebebasan tidak terbatas. Pengaplikasian dalam bisnis juga dapat mengubah cara manusia berjualan dan beriklan di Metaverse. Para pebisnis juga tetap bisa melakukan kegiatan jual beli dari rumah. Sementara dalam bidang edukasi, kualitas pendidikan yang diberikan lebih baik disertai pengalaman tidak terbatas.

Dampak Negatif Teknologi Digital Metaverse

Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, tapi tidak menutup kemungkinan terdapat perubahan-perubahan kecil maupun besar yang dianggap sebagai dampak negatif Metaverse bagi peradaban manusia. Hal yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya perubahan sosial dan budaya karena tidak terbatasnya Metaverse. Jika setiap orang melakukan kegiatan melalui Metaverse, maka kemungkinan hubungan sosial di luar rumah akan sangat jarang terlihat.

Selain itu penggunaan Metaverse sebagai dunia digital di masa depan membutuhkan konsumsi teknologi tinggi untuk menghasilkan grafis yang kompleks dan berkualitas tinggi. Sudah siapkah untuk peningkatan teknologi kedepannya? Apalagi relevansi Metaverse masih belum cukup dan belum terlalu dibutuhkan untuk berkomunikasi atau beraktivitas.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan teknologi digital Metaverse? Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Metaverse.

Leave a Comment