Metaverse : Teknologi Virtual Masa Depan Yang Mengubah Pengalaman Virtualmu Menjadi Kenyataan

Seiring berkembangnya zaman seluruh aspek kehidupan di dunia seolah – olah terus mengalami kemajuan di berbagai aspek. Mulai dari peradaban, ekonomi, politik, hingga teknologi. Hari ini yang paling santer dan banyak orang – orang perbincangkan adalah teknologi virtual reality metaverse.

Kabar terakhir mengenai proyek ini adalah muncul dari pemerintahan Arab Saudi, mereka sedang menggalakkan proyek melalui metaverse yang diberi nama proyek virtual black stone initiative, proyek ini sekarang sedang hangat – hangatnya diperbincangkan oleh para masyarakat.

Uniknya, ide dari proyek ini adalah menggalakkan sebuah pengalaman bagi para calon pesertanya nanti untuk dapat melihat Ka’bah dan Hajar Aswad melalui teknologi virtual reality.

Sebelum berita tentang proyek di Arab Saudi tersebut terdengar hingga ke telinga publik, pembicaraan mengenai metaverse di seluruh dunia telah banyak mencuat, setelah Mark Zuckerberg selaku pendiri media sosial bernama ‘Facebook’ ini memberitahukan rencananya ke depan untuk membuat sebuah dunia virtual.

Perusahaan miliknya pun menggunakan nama Meta, karena merupakan induk dari perusahaannya yang lain yakni facebook. Mengutip dari halaman website The Verge, Teknologi metaverse merupakan imajinasi dari seorang Mark. Dimana dunia virtual dalam imajinasinya tersebut mampu memberikan pengalaman seperti nyata bagi para penggunanya.

Kemajuan teknologi hari ini telah memberikan kemutakhiran yang sangat signifikan kepada para penggunanya, dan hari ini oleh seorang mark zuckerberg akan membuat pengalaman virtual seseorang terasa lebih nyata dengan kemutakhiran teknologi tersebut.

Awal Kemunculan Konsep Metaverse

Namun perlu Anda ketahui bahwa konsep metaverse ini bukanlah sebuah konsep yang orisinil dari seorang mark zuckerberg, tapi konsep ini telah diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992. Ketika itu konsep mengenai teknologi virtual ini langsung menjurus kepada dunia virtual yang mana langsung menggabungkan antara aspek dunia digital dan dunia nyata.

Mungkin Anda belum tahu bahwa istilah metaverse ini muncul pertama kali di dalam sebuah karya tulis fiksi yang berjudul Snow Crash karya dari Neal tadi pada tahun 1992. Dalam karya ini, Neal menggambarkan bahwa ada seorang sosok manusia yang dirinya diwujudkan di dalam bentuk avatar, serta mampu melakukan interaksi layaknya manusia biasa di dalam ruang 3 Dimensi.

Tapi tak hanya Mark seorang saja yang mengungkapkan tentang metaverse ini, tapi juga Satya Nadella yang merupakan CEO dari Microsoft. Ia mengungkapkan di dalam akun twitternya tentang metaverse ini. Menurutnya, teknologi virtual tersebut adalah sebuah teknologi yang tak hanya mengubah cara seseorang memAndang dunia saja, tapi orang tersebut juga turut serta berpartisipasi di dalam metaverse ini.

Dengan adanya teknologi ini maka akan memungkinkan tiap penggunanya untuk menanamkan komputasi masuk ke dalam dunia yang nyata. Dari komputasi inilah yang akan membawa hal – hal berbau dunia nyata ke dalam dunia digital.

Teknologi metaverse tersebut paling tidak nantinya akan mengkombinasikan antara 5 teknologi, yakni melalui augmented reality, media sosial, gim daring, teknologi VR, dan cryptocurrencies, sebagaimana dikutip oleh investopedia. Maka dengan kelima teknologi inilah para pengguna teknologi metaverse nantinya akan merasakan pengalaman layaknya di dunia kenyataan.

Namun dari kelima teknologi tadi, yakni teknologi AR dan juga VR adalah 2 teknologi yang paling penting untuk metaverse. Virtual reality sendiri nantinya akan membawakan dunia virtual kepada para penggunanya seperti sebuah kenyataan.

Sedangkan Augmented reality nantinya akan membawa para pengguna merasakan audio/suara dari dunia meta mereka serta sensorik sehingga mereka mampu berinteraksi antara pengguna satu dengan pengguna yang lain.

Apa Saja Yang Ada Di Metaverse?

Lalu seperti apa sih itu teknologi virtual reality metaverse? Nah berikut ini kami akan menguraikan tentang teknologi tersebut beserta cara kerja ataupun kegiatan di dalam dunia virtual yang satu ini.

1. Horizon

Horizon merupakan dunia virtual yang berfungsi untuk Anda di dalam memilih maupun membuat tanah, yang mana tanah tersebut berfungsi untuk didirikan gedung – gedung, seperti kantor, toko, hingga taman bermain. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendirikan pemAndangan alam seperti pegunungan, pantai, luar angkasa dan lain – lain.

2. Avatar 

Avatar adalah para pengguna teknologi metaverse ini, mereka mampu untuk membuat avatarnya sendiri dengan sedemikian rupa sesuai dengan selera dan keinginan masing – masing. Anda bisa memilih karakter orang dengan jenis kelamin baik pria maupun perempuan lengkap menggunakan busana seperti robot, manusia biasa, dan lain semacamnya.

3. Kegiatan Virtual

Kegiatan ini merupakan aktivitas sehari – hari yang dilakukan oleh Anda selaku pengguna dunia virtual ini. Anda dapat melakukan aktivitas yang sama seperti sehari – hari di kehidupan nyata, seperti menonton bola, olahraga, kuliah, konser, dan lain semacamnya.

4. Berkumpul Bersama

Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang memungkinkan Anda dapat bertemu dengan teman Anda selaku pengguna yang lain untuk melakukan sebuah rapat maupun kegiatan berkumpul yang lain.

5. Berbelanja

Kegiatan ini memungkinkan para penggunanya untuk belanja di dunia metaverse ini, Anda bisa melakukan transaksi seperti Anda melakukannya di dunia nyata ketika berbelanja ke mall dan toko.

6. Memasuki Dunia Game

Fitur ini mampu memberikan para penggunanya kesempatan untuk masuk kedalam dunia game yang mereka sukai, seperti game one piece, grand theft auto, dan beragam game lainnya.

7. Menggunakan Perangkat Keras

Seluruh penggunanya nanti pasti akan menggunakan headset virtual untuk mendengarkan apa yang sedang terjadi di dalam dunia virtual tersebut. Dan juga penggunanya nanti juga akan menggunakan kacamata virtual untuk memungkinkan mereka masuk ke dalam dunia virtual itu menggunakan sensorik mata.

Penutup

Lalu kapan proyek metaverse ini mampu terwujud? Menurut Mark Zuckerberg sendiri selaku pengembang teknologi ini mengatakan bahwa ia dan timnya memerlukan waktu 10 hingga 15 tahun di dalam merampungkan proyek raksasa ini. Tentu tak hanya ia dan timnya saja, sudah pasti membutuhkan kolaborasi antara perusahaan – perusahaan lain yang mendukung proyek ini.

Tapi telah sejauh ini percobaan mengenai teknologi metaverse telah digalakkan oleh facebook demi kepentingan komunikasi dan kerja. Yakni dengan adanya sebuah ruangan kantor yang mana berbasis virtual reality dengan naman Horizon Workrooms.

Ruangan kantor ini menggunakan basis virtual dengan menggunakan ruangan pertemuan yang mana mampu Anda gunakan untuk tempat bertatap muka secara online. Anda bisa mengoperasikan aplikasi ini hanya dengan memakai headset VR merk Oculus Quest 2 buatan langsung dari pihak pengembang, yakni Facebook.

Cara bekerjanya nanti akan ada sejumlah partisipan yang masuk kedalam ruang rapat yang telah Anda buat itu, kemudian penggambaran mereka akan dibuat dengan penggambaran avatar 3D. Anda juga memungkinkan melakukan VC kepada pengguna yang lain, yang mana nanti akan dipresentasikan di ruangan rapat virtual tersebut.

Setelah membaca uraian diatas Anda sudah pasti tertarik untuk segera menggunakan teknologi virtual reality metaverse ini, tapi Anda harus bersabar terlebih dahulu karena proyek ini masih sangat lama untuk dirampungkan, namun menarik sekali untuk dinanti kehadirannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment